Peluang Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan

Usaha Warung Kopi – Jika kita amati beberapa tahun ke belakang, warung kopi mulai menjamur di kota-kota besar. Kamu akan dengan mudah menemukan warung kopi atau kafe di tempat strategis. Sebut saja di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan beberapa kota besar lainnya.

Warung kopi yang bermunculan tersebut karena mulai meningkatnya penikmat kopi di Indonesia. Bisnis ini menjadi sangat prospektif untuk ke depannya.

Bahkan, di kota Jogja, kopi pinggir jalan pun bisa sangat laris dan banyak peminatnya, kopi jos namanya. Hanya bermodalkan kopi dan air saja, warung kopi jos sudah dapat menyedot banyak pembeli. Mungkin karena ke-khas-annya berupa arang menyala yang dimasukkan ke dalam kopi.

Cara Memulai Usaha Kedai Kopi
bisnis kopi gayo
simpleprojectartwork.wordpress.com
Sebelum membuka usaha, tentu saja kita harus mengetahui paling tidak gambaran umum bisnis yang akan dijalankan. Lebih baik lagi kalau ada langkah untuk memulai usaha tersebut. Berikut ini langkah atau cara untuk memulai usaha warung kopi.

1. Tempat
Pertama yang harus dipersiapkan adalah tempat usaha, dan tempat ini merupakan faktor utama penentu keberhasilan warung kopi milikmu. Yah, walaupun ada juga yang membuka tempat usahanya di daerah sepi tapi tetap rame. Tapi itu bisa dihitung jari saja, kebanyakan usaha yang berhasil itu tempatnya pasti strategis dan ramai.

Usahakan tempat yang akan kamu gunakan untuk membuka warung kopi itu strategis dan mudah dijangkau konsumen. Kamu bisa memilih tempat di pinggir jalan dekat dengan pasar, pusat perbelanjaan, mall, alun-alun, kos-kosan, atau tempat keramaian lainnya.

Setelah tempatnya strategis, perhatikan juga kebersihan warung kopi kamu. Jaga kebersihan tempat usaha agar pengunjung betah berada di tempat kamu dan ada kemungkinan akan kembali lagi. Kamu bisa mendesain ruangan semenarik mungkin, buat tema warung yang dapat menarik pengunjung.

2. Strategi Usaha
Membuka usaha jangan melupakan strategi menjalankannya. Kamu harus memikirkan, kira-kira strategi apa yang tepat untuk membuat usaha kamu dapat berjalan dengan baik dan berkembang. Strategi usaha ini juga termasuk membuat pengunjung warung kopi kamu menjadi betah berlama-lama.

Misalnya saja, kamu memiliki berbagai jenis kopi dari beberapa daerah di Indonesia. Atau mungkin warung kamu memiliki keunikan yang tidak ada di warung kopi lain.

3. Izin Usaha
Jika kamu membuka warung kopi yang cukup besar, tentu izin usaha menjadi penting. Kamu harus mengajukan izin usaha kepada pihak yang mengurusi tentang hal tersebut. Izin usaha ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan perizinan.

4. Pelayanan
Agar pengunjung betah dan kembali lagi ke warung kopi, kamu harus memerhatikan pelayanan. Berikan pelayanan yang baik dan semaksimal mungkin. Tentu kamu tahu pepatah yang mengatakan kalau pembeli adalah raja. Sebisa mungkin kita memberikan pelayanan kepada pembeli bak seorang raja. Sehingga dia akan kembali lagi setelah mengunjungi tempat usaha kamu.

Bahkan, kalau pembeli merasa puas, dia bisa menceritakan ke orang-orang terdekatnya dan mengajaknya mengunjungi warung kopi milikmu. Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah pelayanan dengan 3S, Senyum, Sapa, dan Sopan kepada konsumen.

5. Fasilitas Tambahan
Cara lain untuk membuat pengunjung betah berlama-lama adalah dengan memberikan fasilitas tambahan di warung kamu. Fasilitas ini dapat berupa radio, televisi, wifi gratis, atau mungkin permainan yang seru untuk para pengunjung.

Dengan menambahkan beberapa fasilitas tersebut, pastilah pengunjung bisa lebih betah lagi. Apalagi sekarang ini era digital, cukup dengan wifi gratis dan colokan listrik, orang akan berlama-lama di warung kopi kita.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-warung-kopi/
https://ramesia.com/

Peluang Bisnis Roti Swiss Masih Menjanjikan


Mendirikan usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi opsi bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang profitabel. Usaha rumahan semacam ini termasuk kedalam jenis industri rumahan yang tidak memerlukan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas hanya dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat berjalan mengingat peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Bisnis roti swiss rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di kios pinggir jalan roti seperti ini dijajakan dengan beragam rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti dijajakan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itulah hasil dari produk bisnis roti swiss kelas ukm ini, kebanyakan mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti di warungnya mulai habis.

Lingkup pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang dikerjakan, jika daya produksi rotinya masih minim biasanya cakupan penjualannya cuma disekitar lokasi produksinya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sementara untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang telah berskala lumayan besar, lingkup pemasaran mereka umumnya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Swiss Rumahan
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama yang harus di persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran cara membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan sumberdaya yang ahli dibidang pembuatan roti.

Selanjutnya juga mesti disediakan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling memakan banyak biaya bisnis karena harga tiap mesinnya agak tinggi, diantaranya yang umum digunakan adalah:

Baca juga  Cara Membuat Adonan Fried Chicken
Mixer, yang berfungsi sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, digunakan untuk mempersingkat proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti agar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai alat pendukung lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenisnya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan antara 30 hingga 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dahulu bersedih kalau modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda belum mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Bisnis Steak Kiloan

Bingung Berbisnis? Bisnis Daging Segar Ini Layak Anda Coba

Cara Membuat Crepes Kering namun Lembut di Lidah