Usaha Roti Bakar Kaki Lima

Membangun usaha pembuatan roti dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih mencari bisnis yang profitabel. Usaha rumahan semacam ini masuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan dapat dijalankan pada lokasi dengan space terbatas cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat dijalankan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha Roti Bakar Kaki Lima seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai tempat karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pernah melihat di kios pinggir jalan roti macam ini di jajakan dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di tawarkan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenis nya.

Itu merupakan hasil dari produk bisnis roti kelas ukm ini, kebanyakan penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip ke toko, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di kios nya mulai habis.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang di jalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih sedikit biasanya jangkauan pemasarannya cuma disekitar lokasi pembuatannya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sedangkan untuk usaha pembuatan roti rumahan yang telah berskala lumayan besar, cakupan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Bakar Kaki Lima
Tertarik dengan model usaha seperti ini? Paling awal yang harus di persiapkan adalah kemampuan atau keterampilan cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau pun dengan merekrut orang yang kompeten dibidang pembuatan roti.

Sehabis itu juga perlu di berikan berbagai jenis alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang biasa di pakai adalah:

Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.
Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berfungsi untuk mempercepat proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.
Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berguna untuk membentuk dan membagi adonan roti supaya ukurannya sama rata.
Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.
Baca juga  Mengetahui Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Berbagai alat penunjang lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenis nya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap mempunyai seluruh mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu berkecil hati kalau modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda belum mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-roti-bakar-kaki-lima/

Bisnis Es Batu Cube

Keperluan Individual dan Industri akan Es Batu Cube
Es batu cube saat ini sudah hampir menjadi keperluan utama. Baik keperluan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi pribadi, es batu cube diperlukan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi industri atau pasar, es batu cube digunakan untuk menciptakan produk atau menjadi pengawet produk. Misalnya seperti sekedar sebagai pendingin dari minuman es sampai menjadi pengawet dari ikan yang dibawa dalam kontainer.

Potensi Usaha Es Batu Cube
Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya lumayan banyak kebutuhan es batu cube di pasaran. Memang, bila cuma melihat usaha “jual es batu cube” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa usaha tersebut cukup menguntungkan. Akan tetapi yang patut kita butuh untuk ketahui adalah usaha es batu cube tidak cuma terdapat di “jual es batu cube” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Langkah Memulai Usaha Susu Kedelai Asli
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Restoran memerlukan es batu cube untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu restoran juga menggunakan es batu cube untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti misalkan Ikan. Di mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tidak busuk.

Selain restoran kita bisa mengambil contoh di industri perikanan. Seperti yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu.

Maka Ikan harus dijaga agar tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang mempunyai suhu dingin. Dan salah satu untuk membuat dingin suhu dalam wadah atau box tersebut adalah dengan cara memberinya es batu cube.

Oleh karena itu keperluan pasar akan es batu cube tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga harus ada yang memenuhi permintaan sekaligus peluang usaha es batu cube ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu cube kristal per hari. Es itu ia hargai seharga 1400/kg es batu cube kristal. Dari penjualan dengan harga itu ia bisa mendapat profit sampai 50%.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu cube kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu cube kristal setiap hari. Es batu cube itu ia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut ia mendapat keuntungan hingga 20%.

Ahmad berkata bahwa pelanggan es batu cube kristal tidak cuma terbatas pada rumah makan dan restoran saja. Pemesanan es batu cube bisa muncul dari pengadaan event-event, misalkan seperti Java Jazz. Acara-acara seperti Java Jazz dapat memerlukan es batu cube sampai 10 ton per hari.

Dari 2 contoh keberhasilan usaha es batu cube tadi yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita simpulkan bahwasannya usaha es batu cube memiliki peluang keuntungan yang tidak kecil.

Baca juga  Mesin Juice Dispenser 1 Bowl
Kebutuhan dalam Memulai Usaha Es Batu Cube
Tempat
Modal yang pertama-tama harus kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun produk es batu cube ini tidak terlalu besar, tetapi bila kita sudah bermain di tingkat “ton-ton-an” tentu harus memiliki tempat yang besarnya memadai. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang bersih dan terjaga suhunya. Tentu kalau tempat tidak bersih bisa menimbulkan risiko kotornya es batu cube. Dan tentu bila tempatnya mudah panas akan menjadikan es tak tahan lama.

Di bangunan itu kita juga akan melaksanakan proses pembuatan es batu cube dengan mesin dan alat yang kita telah miliki. Selain itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sampai es batu cube dibawa ke pelanggan.

Alat Pembuat Es Batu cube
Untuk menghasilkan es batu cube dalam skala besar tentu kita memerlukan alat pembuat es batu cube atau freezer khusus.

Kita ambil contoh Ahmad di atas. Dia memakai 200 juta untuk membeli 3 unit mesin pembuat es sekaligus pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi telah ia punyai sebelumnya. Alat yang ia peroleh dari Jepang itu bisa membuat 200 kg es kristal dalam durasi empat jam.

Jika tertarik mesin penghasil es batu cube yang lebih ekonomis bisa diperoleh di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus mempersiapkan segala yang diperlukan untuk pengiriman, seperti misalnya packing dan kendaraan. Yang patut diperhatikan dari packaging tersebut adalah kemampuan untuk menjaga kehigienisan dan suhu dinginnya. Sedangkan yang patut diperhatikan dari kendaraan pengiriman adalah kendaraan itu harus dapat membawa dan menampung es hingga kuantitas ton.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Bisnis Steak Kiloan

Bingung Berbisnis? Bisnis Daging Segar Ini Layak Anda Coba

Cara Mudah Untuk Memulai Bisnis Es Campur